RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Otomotif Dasar
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pertemuan Ke : 1 s/d 6
Standar Kompetensi : Menjelaskan Proses – Proses Mesin Konversi Energi
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan konsep motor bakar
2.
Menjelaskan konsep motor listrik
3.
Menjelaskan konsep generator listrik
4.
Menjelaskan konsep pompa fluida
5.
Menjelaskan konsep compressor
A. Indikator :
a. Kognitif
1. Produk
·
Menjelaskan fungsi motor bakar
·
Menjelaskan fungsi motor listik
·
Menjelaskan fungsi generator listrik
·
Menjelaskan fungsi pompa fluida
·
Menjelaskan fungsi kompressor
·
Menjelaskan fungsi refrigerasi
2.
Proses
·
Membongkar komponen blok silinder
·
Membongkar
komponen motor starter dan alternator
·
Mengidentifikasi komponen dongkrak
·
Mengidentifikasi kompressor
·
Mengidentfikasi komponen air condition
b.
Afektif
1. Karakter
·
Jujur
·
Bertanggung
Jawab
·
Kreatif
·
Teliti
2. Sosial
·
Bertanya
·
Mengembangkan ide
·
Bekerja sama dengan
kelompok
c.
Psikomotorik :
·
Mendiagnosa kerusakan motor bakar
·
Mendiagnosa kerusakan motor
starter dan alternator
·
Mendiagnosa kerusakan dongkrak
·
Mendiagnosa kerusakan kompressor
·
Mendiagnosa kerusakan AC
B.
Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi motor bakar
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi motor listik
·
Siswa mampu menjelaskan
fungsi
generator listrik
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi pompa fluida
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi kompressor
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi refrigerasi
2.
Proses
·
Siswa mampu membongkar komponen blok silinder
·
Siswa mampu membongkar
komponen motor starter dan alternator
·
Siswa mampu mengidentifikasi komponen dongkrak
·
Siswa mampu mengidentifikasi kompressor
·
Siswa mampu mengidentifikasi komponen air condition
b.
Afektif
1.
Karakter
Siswa mampu jujur, bertanggung jawab,
kreatif, dan teliti dalam
mengerjakan tugas.
2.
Sosial
Siswa mampu bertanya, mengembangkan ide, bekerja sama dengan
kelompok, dan jadi pendengar yang baik
c.
Psikomotorik
·
Siswa
mampu merakit komponen kepala silinder
·
Siswa
mampu melaksanakan identifikasi kerusakan
kepala silinder
C.
Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
1
Tanya jawab
2
Penugasan
3
Tes tertulis
E.
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal : (15 menit)
1.
Mengabsen
2.
Apersepsi pentingnya materi pelajaran yang akan
dipelajari dengan kompetensi proses mesin konversi
energi
3.
Menjelaskan tujuan pemelajaran
4.
Mengadakan pre-tes untuk mengetahui
kemampuan awal siswa
b. Kegiatan Inti : (60 menit)
1.
Siswa mengidentifikasi mesin konversi energi melalui penggalian buku
manual, dan modul
2.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
proses mesin konversi energi melalui presentasi
power point
c.
Kegiatan Akhir (15 menit)
1.
Siswa mengerjakan
tugas mengidentifikasi proses mesin
konversi energi
2.
Siswa
menyimpulkan materi pelajaran dengan bimbingan guru
3.
Guru menyampaikan
materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru menutup
pelajaran,
F.
Alat/Bahan Sumber Belajar :
1. Alat/Bahan : - laptop
- Spidol
- Proyektor
- Wallchart
2.
Sumber Belajar : - Modul
-
Manual book
G. Evaluasi
Pertanyaan 1
Sebutkan 3 (tiga) komponen yang dibutuhkan
untuk syarat menghasilkan pembakaran di mesin ?
Jawaban :
1.
Oxigen.
2.
Bahan Bakar
3.
Pengapian
Pertanyaan 2
Jelaskan proses pembakarannormal pada mesin
bensin?
Jawaban :
Lentikan bunga
api dihasilkan busi dan membakar campuran udara dengan bahan bakar, pembakaran
tersebut terjadi secara progresip pada ruang bakar, tekanan yang tinggi terjadi
akibat pembakaran tersebut dan menekan atau mendorong torak bergerak kearah
bawah silinder.
Pertanyaan 3
Sebutkan fungsi sistim starter ?
Jawaban:
Memberikan putaran awal pada poros engkol
Pertanyaan 4
Sebutkan hal yang menyebabkan tenaga putar motor
sterter berkurang ?
Jawaban :
1. Besarkecilnya arus, 2. Besarkecilnya kemagnetan. 3.
Keausan pada bos starter
Pertanyaan 5
Sebutkan fungsi sistim pengisian?
Jawaban :
Untuk melakukan proses pengisian arus listrik berbentuk
DC pada Batere secara constan
Pertanyaan 6
Sebutkan penyebab gangguan sistim pengisian tidak
sempurna ?
Jawaban :
1.
Untuk tipe regurator lidah
penyetel 9 kontak poin )tidak baik
2.
Untuk tipe IC, nilai tahanan
IC lemah/rusak
Pertanyaan 7
Apa fungsi filter oli hidrolik?
Jawaban :
Menyaring kotoran
yang terkandung dalam oli agar tidak ikut bersikulasi kembali dalam sistem,
dalam oil filter dipasang by pass valve yang gunanya untuk memberikan jalan
lain (safety) bila filter buntu/kotor.
Pertanyaan 8
Apa fungsi pompa pada sistem hidrolik?
Jawaban :
Mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga fluida hidrolik
yang berdasarkan tekanan yang mengikuti prinsip kerja dari Hukum Pascall.
Pertanyaan 9
Apakah yang dimaksud dengan kompresor.
Jawaban :
Mesin untuk memampatkan udara atau gas
Pertanyaan 10
Sebutkan jenis kompresor berdasarkan
tekanannya.
Jawaban :
a.
Fan
b.
Blower
c.
Kompresor
Pertanyaan 11
Berakibat apa jika terdapat
udara didalam siklus dan apa kemungkinan penyebabnya ?
Jawaban:
AC
tidak terlalu dingin.
Kemungkinan penyebabnya :
Ada udara didalam siklus pendingin
Pertanyaan 12
Apa yang dapat diketahui bila refrigerant kurang ?
Jawaban:
Terlihat gejala
sebagai berikut :
- Udara yang keluar dari sistem pendingin tidak terlalu dingin.
- Pada kaca pengintai terlihat banyak gelembung.
H. Penilaian
Tertulis:
§ Soal/instrumen
(terlampir)
§ Kunci Jawaban
(terlampir)
|
Pengamatan:
§ Minat
§ Perhatian
§ Disiplin
§ Kerja
|
Praktik (Job Sheet):
§ Proses
§ Produk
§ Waktu
(terlampir) |
Mengetahui,
Kepala SMK Muhammadiyah Bontoala
|
Makassar, 28 September 2012
Guru Mata Diklat
|
Drs. H. Natsir,
M.Si
NIP.19631110 200012 1 002
|
Arham Amiruddin S.Pd
NIP 000000000000000000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar