RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri
2 Unaaha
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pemeliharaan
Mesin Kendaraan Ringan
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI /
IV (Empat)
|
Materi Pokok
|
:
|
Perawatan Berkala Sistem Utama
Engine
|
Alokasi Waktu
|
:
|
45 Menit
|
K K M
|
:
|
70
|
Kompetensi Inti :
- Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
- Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
- Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
- Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kualitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja
- Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
- Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar :
-
Merawat
berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
-
Mengidentifikasi
fungsi dan komponen utama engine
-
Mengidentifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
-
Mengidentifikasi
blok silinder dan kelengkapannya
-
Melaksanakan prosedur prosedur pembongkaran kepala silinder dan komponennya
Indikator :
·
Melakukan
identifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
·
Melakukan
identifikasi fungsi dan komponen utama engine
·
Melakukan
identifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
·
Melakukam
identifikasi blok silinder dan kelengkapannya
·
Melakukan
prosedur pembongkaran kepala silinder dan komponen-komponennya
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu melakukan identifikasi
perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi
fungsi dan komponen utama engine
3. Peserta didik mampu melakukan identifikasi
kepala silinder dan kelengkapannya
4. Peserta didik mampu melakukan identifikasi
blok silinder dan kelengkapannya
5. Peserta didik mampu melakukan prosedur
pembongkaran kepala silinder dan
komponen-komponennya
B. Materi Ajar :
KEPALA SILINDER (CYLINDER
HEAD)
a)
Kontruksi Kepala Silinder
Membentuk ruang bakar atau tempat ruang bakar tambahan. Pada kepala
silinder juga digunakan untuk menempatkan kelengkapan mekanik katup, saluran pemasukan dan juga
saluran pembuangan.
![]() |
Gambar
1. Kepala silinder
(cylinder head)
Keterangan
gambar kepala silinder:
Spark plug (Busi) : untuk meloncatkan api tegangan tinggi.
Adjusting shim :
penyetel celah katup
Valve lifter : Sebagai pengangkat katup
Exaust valve : untuk membuka dan menutup saluran buang
Valve guide : Untuk penghantar gerakan katup
Gasket: : sebagai perapat
Water jacket : untuk saluran air pendingin
Cylinder block : untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya
Piston.
Piston : untuk merubah tenaga panas menjadi tenaga
mekanik.
Combustion chamber : untuk tempat pembakaran
Valve seat : sebagai tempat dudukan kepala katup
Oil seal : Sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar
Intake valve : untuk membuka dan menutup saluran pemasukan.
Valve keepers : sebagai pengunci antara katup dengan pegas katup.
To exhaust manifold : disambung dengan manifold buang
To intake manifold : disambung dengan manifold masuk
Ø Prosedur pembongkaran komponen-komponen kepala
silinder
LANGKAH MEMBONGKAR KOMPONEN KEPALA SILINDER
1) Lepaskan kabel busi
2) Lepaskan pipa bahan bakar
3) Lepaskan intake dan exhaust manifold
beserta karburator
4) Lepaskan water outlet/ saluran air keluar
5) Lepaskan busi dan tabung
6) Lepaskan tutup kepala silinder
7) Lepaskan rakitan rocker arm ( perhatian : baut pengikat rocker arm tidak boleh tertukar)
8) Ambil dan letakkan push rod secara
berurutan (tidak boleh tertukar)
9) Lepas baut-baut kepala silinder, dengan
urutan sesuai gambar :
![]() |
10) Lepaskan komponen mekanisme katup ( batang
katup, pegas katup, pengunci dan penahan pegas katup) menggunakan Alat pembuka
katup dan letakkan katup sesuai urutan.
11) Letakkan komponen kepala silinder pada
tempat yang aman
LANDASAN TEORI
Kepala silinder berfungsi sebagai tempat
untuk ruang pembakaran dan untuk menempatkan mekanik katup. Konstruksi/komponen
kepala silinder dan fumgsinya :
1) Gasket berfungsi
untuk mencegah kebocoran gas kompresi atau pembakaran.
2) Mekanisme katup
berfungsi untuk mengatur membuka dan menutupnya katup-katup. Bagian-bagian
komponen mekanisme katup, yaitu :
a. Batang katup untuk
membuka dan menutup saluran hisap dan saluran buang
b. Dudukan katup sebagai
tempat duduknya kepala katup
c. Pegas katup untuk mengembalikan katup pada dudukannya
semula setelah katup bekerja (terbuka)
d. Push rod untuk meneruskan gerakan valve lifter ke ujung
rocker arm
e. Rocker arm untuk
menekan batang katup sehingga katup dapat membuka
3) Ruang bakar berfungsi
sebagai ruang pembakaran antara campuran bahan bakar dan udara dengan percikan
bunga api dari busi. Tipe ruang bakar
yaitu: tipe setengah bulat, tipe baji, tipe bak mandi dan tipe pent
roof
4) Busi berfungsi
memercikkan bunga api untuk pembakaran
Gambar
komponen kepala silinder
1. ![](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.jpg)
plat belakang
![](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.jpg)
![3](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
2. pipa bahan bakar
3. intake & exhaust manifold
4. saluran air keluar (water outlet)
5. busi dan tabung
6. tutup kepala silinder
7. rakitan rocker arm
8. push rod
9. kepala silinder
10. katup, pegas, pengunci dan perapat oli
Ø Prosedur pemeriksaan dan pengukuran
komponen-komponen kepala silinder
MEMERIKSA DAN MENGUKUR
a) Periksa
kerataan kepala silinder
![ukur kerataan head](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
Kebengkokkan
maksimum :
Sisi blok
silinder : 0,05 mm
Sisi manifold : 0,10 mm
Hasil Pengukuran
:
A = ………………mm
B = ………………mm
C = …………….. mm
D = …………….. mm
E = ……………...mm
F =
……………... mm
Kesimpulan
: ………………………………………………
b) Memeriksa
katup
1)
ukur diameter
batang katup
![diameter katup](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
Katup masuk = 7,951 – 7,991 mm
Katup buang = 7,960 – 7,986 mm
Hasil ukur :
Katup masuk Katup buang
1. …………. mm 1. ……………. mm
2. …………. mm 2. ……………. mm
3. …………. mm 3. ……………. mm
4. …………. mm 4. ……………. mm
2)
Periksa ketebalan tepi
kepala katup
![katup](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
Katup buang = 1,2 – 1,8 mm
Minimum : katup masuk = 0,8 mm
Katup buang = 0,9 mm
Hasil pengukuran
:
IN : 1. ………… mm EX : 1. ………… mm
2. ………… mm 2. ………… mm
3. ………… mm 3. ………… mm
4. ………… mm 4. ………… mm
3)
Ukur panjang
keseluruhan katup
Standar : katup masuk = 99,90 mm
Katup buang = 100,10 mm
Minimum : katup masuk = 99,4 mm
Katup buang = 99,5 mm
Hasil pengukuran
:
IN : 1. ………… mm EX : 1. ………… mm
2. ………… mm 2. ………… mm
![pegas katup](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
4. ………… mm 4. ………… mm
ukur panjang
bebas pegas katup
standar panjang bebas = 46,5 mm
Hasil pengukuran :
IN
: 1. ………… mm EX : 1. ………… mm
2. ………… mm 2. ………… mm
3. ………… mm 3. ………… mm
4. ………… mm 4. ………… mm
c)
Periksa
manifold
![push rod](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.jpg)
Menggunakan
mistar baja dan feeler gauge ukurlah
Kebengkokkan permukaan yang menenpel pada kepala
silinder
Kebengkokkan maksimum = 0,20 mm
Hasil ukur :
A = ……………. mm
B = ……………. mm
C = …………… mm
Kesimpulan :
…………………………………………………
Ø Prosedur perakitan komponen-komponen kepala silinder
LANGKAH MERAKIT KEMBALI KOMPONEN KEPALA
SILINDER
1) Siapkan komponen kepala silinder yang akan
dirakit dan berilah pelumas pada komponen yang berputar dan meluncur sebelum
dirakit/dipasang.
2) Pasang kembali katup, pegas dan pengunci
menggunakan valve spring compressor
sesuai urutan katup pada kepala silinder
3) Letakkan gasket kepala silinder pada blok silinder
4) Pasang kepala silinder pada blok silinder dan
kencangkan baut-baut kepala silinder serta memberi moment pengencangan sebesar 5,4 – 6,6 kgm , dengan urutan seperti
gambar :
![pasang baut](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.jpg)
5) Pasang rakitan rocker arm pada kepala silinder
6) Pasang water
outlet atau saluran air keluar pada kepala silinder
7) Pasang intake dan exhaust manifold
8) Pasang kembali push rod sesuai urutan
9) Pasang tutup kepala silinder
10) Pasang busi dan tabung
11) Pasang pipa bahan bakar
12) Rapihkan peralatan dan masukan ke dalam TOOLBOX
yang tersedia.
C. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model : Inquiry learning
(Pembelajaran inkuiri)
3.
Metode : Ceramah, diskusi, demonstrasi, dan
inkuiri
D.
Media Pembelajaran
Bahan alat
§ Alat
o
Papan
tulis, spidol
o
Laptop
o
LCD
o
Tool Set
o
Pembuka Katup
o
Kunci Momen
o
Kape (gasket scraper)
o
Mistar Baja (Sraight edge)
o
Sigmat
o
Feeler gauge
§ Bahan
o
Engine traineer
o
Jobsheet
§ Sumber
Bahan
o
Tim
Penyusun Modul OPKR-20-001-1B DPSMK 2005,Modul Pembelajaran
Pemeliharaan /Service Engine dan komponen-komponenya, Jogjakarta.
o
PT.
TOYOTA-ASTRA MOTOR, 1981, Pedoman Reparasi Mesin seri K
o
Buku
Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
E. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyampaikan
tujuan kompetensi dan cakupan materi yang akan dipelajari
|
5 menit
|
Inti
|
a. eng Eksplorasi
1.
Guru
mereview materi komponen utama pada engine
2.
Siswa
dibentuk kelompok menjadi 3
bagian dengan membagi rata anak yang kreatif dan mampu
b. Elaborasi
1.
Guru
menyajikan pelajaran tentang prosedur pembongkaran komponen-komponen kepala
silinder
2.
Guru
memberi tugas berupa jobsheet
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya
tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
1.
Siswa
melaksanakan pembongkaran komponen-komponen kepala silinder
2.
Setelah
melaksanakan pembongkaran, siswa mulai mengindentifikasi komponen-komponen
pada kepala silinder
c. Konfirmasi
1.
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa/ secara kelompok setelah
melakukan prakti
|
25
Menit
|
Penutup
|
1. Guru memberi evaluasi
2. Siswa membuat laporan tertulis
3. Kesimpulan
|
5
Menit
|
F.
Penilaian Hasil Belajar
1. Soal
(Terlampir)
a.
Jenis tes : Tes
tertulis
b.
Bentuk : essay
Pedoman
penilaian
No
Soal
|
Score
maksimal
|
Keterangan
|
1
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
2
|
|
4
|
2
|
|
5
|
2
|
|
Total
score
|
10
|
2. Penilaian Praktek
a. Tes performance/unjuk kerja
b.
3. Kisi-kisi dan Butir Soal
KISI-KISI DAN
BUTIR SOAL
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
SOAL
|
NO. SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
1.
|
Perawatan
Berkala Sistem Utama Engine
|
§
Melakukan identifikasi perawatan berkala
sistem utama engine dan mekanisme katup
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan
mekanisme katup
|
§ Jelaskan apa yang dimaksud dengan engine?
|
1
|
Engine atau mesin adalah suatu alat yang
merubah tenaga panas, listrik, air dan
sebagainya menjadi tenaga
mekanik. Sedang motor
yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik
disebut motor bakar.
|
§
Melakukan identifikasi fungsi dan
komponen utama engine
|
§ Siswa dapat melakukan identifikasi fungsi
dan komponen utama engine
|
§ Jelaskan fungsi dari katup?
|
2
|
fungsi katup untuk membuka dan menutup ruang bakar
sesuai proses yang terjadi di dalam silinder.
|
||
§ Melakukan
identifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
|
§
Siswa dapat menuliskan komponen pada
kepala silinder
|
§ Sebutkan
komponen-komponen yang terapsang pada kepala silinder ?
|
3
|
1.
Komponen kepala
silinder :
a)
plat belakang
b) pipa
bahan bakar
c) intake
& exhoust manifold
d) saluran
air keluar (water outlet)
e) busi
dan tabung
f)
tutup kepala silinder
g) rakitan
rocker arm
h) push
rod
i)
kepala silinder
j)
katup, pegas, pengunci dan perapat oli
|
||
§ Melakukan
identifikasi blok silinder dan kelengkapannya
|
§ Siswa
dapat Melakukan identifikasi blok silinder dan kelengkapannya
|
§ Sebutkan syarat dari Blok silinder
|
4
|
1.
Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan
elatisitas pada bentuknya
2.
Ringan dan kuat
3.
Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan
yang merata
4.
Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang
terpasang pada blok tersebut (misal poros engkol, kepala silinder).
|
||
§
Melakukan prosedur pembongkaran kepala
silinder dan komponen-komponennya
|
§
Siswa mampu Melakukan prosedur pembongkaran kepala
silinder dan komponen-komponennya
|
§ Jelaskan apa akibatnya
jika ketidak rataan terjadi pada :
a)
Permukaan kepala silinder terlalu
besar
b)
Permukaan sisi manifold terlalu besar
|
5
|
2.
a. tenaga mesin berkurang
b. terjadi kebocoran pada saat langkah hisap dan
langkah buang
|
Kisi-kisi soal Praktek
No
|
SK
/ KD
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Perawatan Berkala Sistem Utama Engine
|
§ Melakukan prosedur pembongkaran
kepala silinder dan komponen-komponennya
§ Menemutunjukkan
komponen-komponen kepala silinder
§ Melakukan
prosedur pemeliharaan/pemeriksaan
komponen kepala silinder
§ Melakukan prosedur perakitan
kepala silinder dan komponen-komponennya
|
Siswa mampu melakukan prosedur
pembongkaran, pengukuran dan perakitan komponen kepala silinder
|
I. Evaluasi
Soal Essay
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan engine?
2.
Jelaskan
fungsi dari katup?
3.
Sebutkan
komponen-komponen yang terapsang pada kepala silinder ?
4.
Sebutkan
syarat dari Blok silinder
5. Jelaskan apa akibatnya jika ketidak rataan
terjadi pada :
a) Permukaan
kepala silinder terlalu besar
b) Permukaan
sisi manifold terlalu besar
LEMBARAN PENILAIAN PRAKTEK
KEJURUAN
OVERHOUL ENGINE
NAMA SISWA :..................................
KELAS :..................................
No
|
Komponen/Subkomponen
Penilaian
|
Pencapaian
Kompetensi
|
|||
Tidak
|
Ya
|
||||
75-79
|
80-89
|
90-100
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
I
|
Persiapan
Kerja
|
||||
1.1.
Penggunaan pakaian kerja
|
|||||
1.2.
Persiapan tool and equipment
|
|||||
Skor
Komponen :
|
|||||
II
|
Proses
(Sistematika dan Cara Kerja)
|
||||
2.1 Melakukan prosedur pembongkaran Kepala silinder dan
komponen-komponennya
|
|||||
2.2.
Melakukan prosedur pemelihraan/pemeriksaan/pengukuran komponen Kepala Silinder
|
|||||
2.3 Melakukan prosedur perakitan Kepala silinder dan komponen-komponennya
|
|||||
Skor
Komponen :
|
|||||
III
|
Hasil
Kerja
3.1.
Overhoul Kepala silinder
|
||||
Skor
Komponen :
|
|||||
IV
|
Sikap
Kerja
|
||||
4.1. Penggunaan alat
tangan dan alat ukur
|
|||||
4.2.
Keselamatan kerja
|
|||||
4.3.
Kebersihan, alat, area kerja dan kendaraan/ media.
|
|||||
Skor
Komponen :
|
|||||
V
|
Waktu
|
||||
5.1.
Waktu penyelesaian praktik
|
|||||
Skor
Komponen :
|
Perhitungan nilai praktik (NPK) :
Prosentase Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai Praktik
(NPK)
|
|||||
Persiapan
|
proses
|
Hasil
|
Sikap kerja
|
waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Bobot (%)
|
10
|
50
|
25
|
10
|
5
|
|
Skor
Komponen
|
||||||
NK
|
Keterangan:
·
Bobot diisi
dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen
ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
·
NK = Nilai
Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
·
NPK = Nilai
Praktik Kejuruan, penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
·
Jenis
komponen penilaian (persiapan, proses, hasil, sikap kerja, dan waktu)
disesuaikan dengan karakter program keahlian.
·
Skor
masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan rerata dari subkomponen
penilaian
·
Dapat
dinyatakan “mencapai kompetensi“, jika masing-masing skor komponen ≥ 75
Sendang
Mulyasari, 17 Agustus 2019
Penilai,
PEDOMAN PENILAIAN UJIAN
Praktik KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Alokasi Waktu : 30 Menit
Bentuk Soal : Penugasan
Perorangan
![]() |
No.
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I.
|
Persiapan Kerja
|
||
1.1. Penggunaan pakaian kerja
|
Berpakaian sesuai ketentuan dengan rapih dan lengkap
|
9,0-10
|
|
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih tetapi lengkap atau rapih
tetapi kurang lengkap
|
8,0-8,9
|
||
Berpakaian sesuai
ketentuan kurang rapih dan tidak lengkap
|
7,0-7,9
|
||
Berpakaian tidak
sesuai ketentuan
|
Tidak
|
||
1.2. Persiapan tools and equipment
|
Alat/bahan
dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan praktik
|
9,0-10
|
|
Alat/bahan
dipersiapkan kurang lengkap tetapi sesuai kebutuhan praktik
|
8,0-8,9
|
||
Alat/bahan
dipersiapkan kurang lengkap dan kurang sesuai kebutuhan praktik
|
7,0-7,9
|
||
Alat/bahan
dipersiapkan tidak sesuai kebutuhan praktik
|
Tidak
|
||
II.
|
Proses (Sistematika & Cara Kerja
|
||
2.1 Overhoul Kepala Silinder
|
|||
2.1.1
Melakukan prosedur pembongkaran Kepala silinder dan
komponen-komponennya
|
Membongkar sesuai SOP,
tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Membongkar sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Membongkar sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Membongkar sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.2
Melakukan prosedur
pemelihraan/pemeriksaan/pengukuran komponen Kepala Silinder
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.3
Melakukan
prosedur perakitan Kepala
silinder
dan komponen-komponennya
|
Merakit sesuai SOP,
tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Merakit sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Merakit sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Merakit sesuai SOP
tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali bimbingan
|
Tidak
|
III.
|
Hasil
Kerja
|
||||
3.1. Engine Overhaul Kepala Silinder
|
Hasil
pemeriksaan dan kesimpulan benar tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|||
Hasil
pemeriksaan benar dan kesimpulan sebagian besar benar tanpa bimbingan
|
8,0-8,9
|
||||
Hasil
pemeriksaan benar dan kesimpulan sebagian besar benar melalui bimbingan.
|
7,0-7,9
|
||||
Hasil
pemeriksaan dan kesimpulan salah.
|
Tidak
|
||||
IV
|
Sikap Kerja
|
||||
4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur
|
Menggunakan semua peralatan dengan benar
tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|||
Menggunakan semua peralatan dengan benar
dan sedikit bimbingan
|
8,0-8,9
|
||||
Menggunakan semua peralatan dengan benar
dan banyak bimbingan
|
7,0-7,9
|
||||
Menggunakan semua peralatan dengan benar
dan sangat banyak bimbingan
|
Tidak
|
||||
4.2. Keselamatan kerja
|
Melaksanakan keselamatan kerja dengan
benar
|
9,0-10
|
|||
Melaksanakan
keselamatan kerja dengan sedikit mengingatkan
|
8,0-8,9
|
||||
Melaksanakan
keselamatan kerja dengan banyak mengingatkan
|
7,0-7,9
|
||||
Tidak melaksanakan atau mengindahkan
keselamatan kerja
|
Tidak
|
||||
4.3. Kebersihan, alat, area kerja
dan kendaraan/ media.
|
Tidak ada kotoran pada semua peralatan , area kerja dan kendaraan/media
|
9,0-10
|
|||
Ada sedikit kotoran pada peralatan,
area kerja dan kendaraan/media.
|
8,0-8,9
|
||||
Masih banyak kotoran pada peralatan,
area kerja dan kendaraan/media.
|
7,0-7,9
|
||||
Tidak melakukan kebersihan
|
Tidak
|
||||
V.
|
Waktu
|
||||
5.1.Waktu
penyelesaian praktik
|
Menyelesaikan pekerjaan minimal 60 menit lebih cepat dan proses pekerjaan
benar
|
9,0-10
|
|||
Menyelesaikan pekerjaan sampai 60 menit lebih cepat dan proses pekerjaan
benar
|
8,0-8,9
|
||||
Menyelesaikan tepat sampai tambahan waktu 60 menit dan proses pekerjaan
benar
|
7,0-7,9
|
||||
Menyelesaikan tepat sampai lebih
tambahan waktu 60 menit dan proses pekerjaan salah
|
Tidak
|
||||
![](file:///C:/Users/OPA_DG~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.gif)
Sendang
Mulyasari, 17 Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
DRS. KARTOWIYONO ARHAM
AMIRUDDIN, S.Pd., Gr.
NIP.19651013 199103 1012 NUPTK. 416076166213016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar