Minggu, 22 Desember 2019

RPP Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMK Negeri 2 Unaaha
Mata Pelajaran
:
Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Kelas / Semester
:
XI / IV (Empat)
Materi Pokok
:
Perawatan Berkala Sistem Utama Engine
Alokasi Waktu
:
45 Menit
K K M
:
70

Kompetensi Inti :
-       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-       Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
-       Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
-       Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kualitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
-       Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
-       Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar   :
-          Merawat berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
-          Mengidentifikasi fungsi dan komponen utama engine
-          Mengidentifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
-          Mengidentifikasi blok silinder dan kelengkapannya
-          Melaksanakan prosedur prosedur pembongkaran kepala silinder dan komponennya
Indikator            :   
·         Melakukan identifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
·         Melakukan identifikasi fungsi dan komponen utama engine
·         Melakukan identifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
·         Melakukam identifikasi blok silinder dan kelengkapannya
·         Melakukan prosedur pembongkaran kepala silinder  dan komponen-komponennya

A.    Tujuan Pembelajaran     :
1.      Peserta didik mampu melakukan identifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi dan komponen utama engine
3.      Peserta didik mampu melakukan identifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
4.      Peserta didik mampu melakukan identifikasi blok silinder dan kelengkapannya
5.      Peserta didik mampu melakukan prosedur pembongkaran kepala silinder  dan komponen-komponennya
B.     Materi Ajar                    :
KEPALA SILINDER (CYLINDER HEAD)
a)      Kontruksi Kepala Silinder
          Membentuk ruang bakar atau tempat ruang bakar tambahan. Pada kepala silinder juga digunakan untuk menempatkan kelengkapan   mekanik katup, saluran pemasukan dan juga saluran pembuangan.
 







Gambar 1. Kepala silinder (cylinder head)

Keterangan gambar kepala silinder:
Spark plug (Busi)               : untuk meloncatkan api tegangan tinggi.
Adjusting shim                   : penyetel celah katup
Valve lifter                          : Sebagai pengangkat katup
Exaust valve                       : untuk membuka dan menutup saluran buang
Valve guide                         : Untuk penghantar gerakan katup
Gasket:                                : sebagai perapat
Water jacket                        : untuk saluran air pendingin
Cylinder block                    : untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya
                                               Piston.
Piston                                  : untuk merubah tenaga panas menjadi tenaga
                                              mekanik.
Combustion chamber        : untuk tempat pembakaran                             
Valve seat                           : sebagai tempat dudukan kepala katup                                           
Oil seal                                : Sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar
Intake valve                        : untuk membuka dan menutup saluran pemasukan.
Valve keepers                     : sebagai pengunci antara katup dengan pegas katup.
To exhaust manifold          : disambung dengan manifold buang
To intake manifold             : disambung dengan manifold masuk

Ø  Prosedur pembongkaran komponen-komponen kepala silinder

LANGKAH MEMBONGKAR KOMPONEN KEPALA SILINDER
1)      Lepaskan kabel busi
2)      Lepaskan pipa bahan bakar
3)      Lepaskan intake dan exhaust manifold beserta karburator
4)      Lepaskan water outlet/ saluran air keluar
5)      Lepaskan busi dan tabung
6)      Lepaskan tutup kepala silinder
7)      Lepaskan rakitan rocker arm ( perhatian : baut pengikat rocker arm tidak boleh tertukar)
8)      Ambil dan letakkan push rod secara berurutan (tidak boleh tertukar)
9)      Lepas baut-baut kepala silinder, dengan urutan sesuai gambar :
urutan buka baut
 








10)  Lepaskan komponen mekanisme katup ( batang katup, pegas katup, pengunci dan penahan pegas katup) menggunakan Alat pembuka katup dan letakkan katup sesuai urutan.
11)  Letakkan komponen kepala silinder pada tempat yang aman
LANDASAN TEORI
Kepala silinder berfungsi sebagai tempat untuk ruang pembakaran dan untuk menempatkan mekanik katup. Konstruksi/komponen kepala silinder dan fumgsinya :
1)      Gasket berfungsi untuk mencegah kebocoran gas kompresi atau pembakaran.
2)      Mekanisme katup berfungsi untuk mengatur membuka dan menutupnya katup-katup. Bagian-bagian komponen mekanisme katup, yaitu :
a.       Batang katup untuk membuka dan menutup saluran hisap dan saluran buang
b.      Dudukan katup sebagai tempat duduknya kepala katup
c.       Pegas katup  untuk mengembalikan katup pada dudukannya semula setelah katup bekerja (terbuka)
d.      Push rod  untuk meneruskan gerakan valve lifter ke ujung rocker arm
e.       Rocker arm untuk menekan batang katup sehingga katup dapat membuka
3)      Ruang bakar berfungsi sebagai ruang pembakaran antara campuran bahan bakar dan udara dengan percikan bunga api dari busi. Tipe ruang bakar yaitu: tipe setengah bulat, tipe baji, tipe bak mandi dan    tipe pent roof
4)      Busi berfungsi memercikkan bunga api untuk pembakaran




Gambar komponen kepala silinder
1.      3plat belakang
2.      pipa bahan bakar
3.      intake & exhaust manifold
4.      saluran air keluar (water outlet)
5.      busi dan tabung
6.      tutup kepala silinder
7.      rakitan rocker arm
8.      push rod
9.      kepala silinder
10.  katup, pegas, pengunci dan perapat oli






Ø  Prosedur pemeriksaan dan pengukuran komponen-komponen kepala silinder



MEMERIKSA DAN MENGUKUR
a)      Periksa kerataan kepala silinder
ukur kerataan headMenggunakan straight edge dan feeler gauge, ukur kebengkokkan permukaan kepala silinder.

Kebengkokkan maksimum :
Sisi blok silinder           : 0,05 mm
Sisi manifold                 : 0,10 mm
Hasil Pengukuran :
A = ………………mm
B = ………………mm
C = …………….. mm
D = …………….. mm
E = ……………...mm
F = ……………... mm
Kesimpulan : ………………………………………………
b)      Memeriksa katup
1)      diameter katupukur diameter batang katup
Katup masuk = 7,951 – 7,991 mm
Katup buang = 7,960 – 7,986 mm

Hasil ukur :
Katup masuk               Katup buang
1.      …………. mm      1. ……………. mm
2.      …………. mm      2. ……………. mm
3.      …………. mm      3. ……………. mm
4.      …………. mm      4. ……………. mm
           

2)      Periksa ketebalan tepi kepala katup
katupStandar : katup masuk = 1,0 – 1,6 mm
               Katup buang = 1,2 – 1,8 mm
Minimum : katup masuk = 0,8 mm
               Katup buang = 0,9 mm
Hasil pengukuran :
IN : 1. ………… mm  EX : 1. ………… mm
       2. ………… mm          2. ………… mm
       3. ………… mm          3. ………… mm
       4. ………… mm          4. ………… mm
3)      Ukur panjang keseluruhan katup
Standar : katup masuk = 99,90 mm
               Katup buang =  100,10 mm
Minimum : katup masuk = 99,4 mm
               Katup buang = 99,5 mm           
Hasil pengukuran :
IN : 1. ………… mm  EX : 1. ………… mm
       2. ………… mm          2. ………… mm
pegas katup       3. ………… mm          3. ………… mm
       4. ………… mm          4. ………… mm
ukur panjang bebas pegas katup
standar panjang bebas = 46,5 mm
Hasil pengukuran :
IN : 1. ………… mm  EX : 1. ………… mm
       2. ………… mm          2. ………… mm
       3. ………… mm          3. ………… mm
       4. ………… mm          4. ………… mm




c)      push rodPeriksa manifold
Menggunakan mistar baja dan feeler gauge ukurlah
Kebengkokkan permukaan yang menenpel pada kepala
silinder
Kebengkokkan maksimum = 0,20 mm
Hasil ukur :
A = ……………. mm
B = ……………. mm
C = …………… mm
Kesimpulan : …………………………………………………

Ø  Prosedur perakitan  komponen-komponen kepala silinder

LANGKAH MERAKIT KEMBALI KOMPONEN KEPALA SILINDER
1)      Siapkan komponen kepala silinder yang akan dirakit dan berilah pelumas pada komponen yang berputar dan meluncur sebelum dirakit/dipasang.
2)      Pasang kembali katup, pegas dan pengunci menggunakan valve spring compressor sesuai urutan katup pada kepala silinder
3)      Letakkan gasket kepala silinder pada blok silinder
4)      Pasang kepala silinder pada blok silinder dan kencangkan baut-baut kepala silinder serta memberi moment pengencangan sebesar 5,4 – 6,6 kgm , dengan urutan seperti gambar :
pasang baut
5)      Pasang rakitan rocker arm pada kepala silinder
6)      Pasang water outlet atau saluran air keluar pada kepala silinder
7)      Pasang intake dan exhaust manifold
8)      Pasang kembali push rod sesuai urutan
9)      Pasang tutup kepala silinder
10)  Pasang busi dan tabung
11)  Pasang pipa bahan bakar
12)  Rapihkan peralatan dan masukan ke dalam TOOLBOX yang tersedia.
C.    Metode Pembelajaran           :
1.   Pendekatan        : Saintifik
2.   Model                 : Inquiry learning (Pembelajaran inkuiri)
3.   Metode               : Ceramah, diskusi, demonstrasi, dan inkuiri
D.    Media Pembelajaran
     Bahan alat
§  Alat
o   Papan tulis, spidol
o   Laptop
o   LCD
o   Tool Set
o   Pembuka Katup
o   Kunci Momen
o   Kape (gasket scraper)
o   Mistar Baja (Sraight edge)
o   Sigmat
o   Feeler gauge

§  Bahan
o   Engine traineer
o   Jobsheet

§  Sumber Bahan
o   Tim Penyusun Modul OPKR-20-001-1B DPSMK 2005,Modul Pembelajaran Pemeliharaan /Service Engine dan komponen-komponenya, Jogjakarta.
o   PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR, 1981, Pedoman Reparasi Mesin seri K
o   Buku Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

E.     Langkah-langkah Pembelajaran     :

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.      Menyampaikan tujuan kompetensi dan cakupan materi yang akan dipelajari
5 menit
Inti
a.    eng Eksplorasi
1.        Guru mereview materi komponen utama pada engine
2.        Siswa dibentuk kelompok menjadi 3 bagian dengan membagi rata anak yang kreatif dan  mampu
b.            Elaborasi
1.        Guru menyajikan pelajaran tentang prosedur pembongkaran komponen-komponen kepala silinder
2.        Guru memberi tugas berupa jobsheet kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
1.        Siswa melaksanakan pembongkaran komponen-komponen kepala silinder
2.        Setelah melaksanakan pembongkaran, siswa mulai mengindentifikasi komponen-komponen pada kepala silinder

c.    Konfirmasi
1.         Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa/ secara kelompok setelah melakukan prakti
25 Menit
Penutup
1.      Guru memberi evaluasi
2.      Siswa membuat laporan tertulis
3.      Kesimpulan
5 Menit

F.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Soal (Terlampir)
a. Jenis tes                :  Tes tertulis
                  b. Bentuk                 :  essay
Pedoman penilaian
No Soal
Score maksimal
Keterangan
1
2

2
2

3
2

4
2

5
2

Total score
10

2.      Penilaian Praktek
a.       Tes performance/unjuk kerja


b.       


3.      Kisi-kisi dan Butir Soal
KISI-KISI DAN  BUTIR SOAL
NO.


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
SOAL
NO. SOAL
KUNCI JAWABAN
1.        
Perawatan Berkala Sistem Utama Engine
§      Melakukan identifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup


§  Siswa dapat mengidentifikasi perawatan berkala sistem utama engine dan mekanisme katup
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan engine?
1
Engine atau mesin adalah suatu  alat yang  merubah tenaga panas, listrik, air dan  sebagainya menjadi tenaga  mekanik.   Sedang  motor  yang merubah tenaga panas menjadi tenaga  mekanik  disebut motor bakar. 


§  Melakukan identifikasi fungsi dan komponen utama engine

§  Siswa dapat melakukan identifikasi fungsi dan komponen utama engine
§  Jelaskan fungsi dari katup?
2
fungsi katup untuk membuka dan menutup ruang bakar sesuai proses yang terjadi di dalam silinder.


§  Melakukan identifikasi kepala silinder dan kelengkapannya
§  Siswa dapat menuliskan komponen pada kepala silinder
§  Sebutkan komponen-komponen yang terapsang pada kepala silinder ?
3

1.       Komponen kepala silinder :
a)       plat belakang
b)       pipa bahan bakar
c)       intake & exhoust manifold
d)       saluran air keluar (water outlet)
e)       busi dan tabung
f)        tutup kepala silinder
g)       rakitan rocker arm
h)       push rod
i)         kepala silinder
j)        katup, pegas, pengunci dan perapat oli


§  Melakukan identifikasi blok silinder dan kelengkapannya

§  Siswa dapat Melakukan identifikasi blok silinder dan kelengkapannya

§  Sebutkan syarat dari Blok silinder
4
1.       Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya
2.       Ringan dan kuat
3.       Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata
4.       Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut (misal poros engkol, kepala silinder).


§  Melakukan prosedur pembongkaran kepala silinder  dan komponen-komponennya

§  Siswa mampu Melakukan prosedur pembongkaran kepala silinder  dan komponen-komponennya

§  Jelaskan apa akibatnya jika ketidak rataan terjadi pada :
a)       Permukaan kepala silinder terlalu besar
b)       Permukaan sisi manifold terlalu besar

5
2.       a. tenaga mesin berkurang
b. terjadi kebocoran pada saat langkah hisap dan langkah buang





Kisi-kisi soal Praktek

No
SK / KD
Indikator
Indikator Soal
1
2
3
4

Perawatan Berkala Sistem Utama Engine

§  Melakukan prosedur pembongkaran kepala silinder  dan komponen-komponennya
§  Menemutunjukkan komponen-komponen kepala silinder
§  Melakukan prosedur pemeliharaan/pemeriksaan komponen kepala silinder
§  Melakukan prosedur perakitan kepala silinder dan komponen-komponennya
Siswa mampu melakukan prosedur pembongkaran, pengukuran dan perakitan komponen kepala silinder




I.       Evaluasi
      Soal Essay
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan engine?
2.      Jelaskan fungsi dari katup?
3.      Sebutkan komponen-komponen yang terapsang pada kepala silinder ?
4.      Sebutkan syarat dari Blok silinder
5.      Jelaskan apa akibatnya jika ketidak rataan terjadi pada :
a)     Permukaan kepala silinder terlalu besar
b)    Permukaan sisi manifold terlalu besar


















LEMBARAN PENILAIAN PRAKTEK KEJURUAN
OVERHOUL ENGINE


NAMA SISWA       :..................................
KELAS                   :..................................




No

Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
75-79
80-89
90-100
1
2
3
4
5
6
I
Persiapan Kerja




1.1. Penggunaan pakaian kerja




1.2. Persiapan  tool and equipment




Skor Komponen :

II
Proses (Sistematika dan Cara Kerja)




2.1     Melakukan prosedur pembongkaran Kepala silinder dan komponen-komponennya




2.2. Melakukan prosedur pemelihraan/pemeriksaan/pengukuran komponen Kepala Silinder




2.3 Melakukan prosedur perakitan Kepala silinder dan komponen-komponennya




Skor Komponen :

III
Hasil Kerja
3.1. Overhoul Kepala silinder
Skor Komponen :

IV
Sikap Kerja




4.1. Penggunaan alat  tangan dan alat ukur




4.2. Keselamatan kerja




4.3. Kebersihan, alat, area kerja dan kendaraan/ media.




Skor Komponen :

V
Waktu




5.1. Waktu penyelesaian praktik




Skor Komponen :






Perhitungan nilai praktik (NPK) :



Prosentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik
(NPK)
Persiapan
proses
Hasil
Sikap kerja
waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
10
50
25
10
5

Skor Komponen





NK










Keterangan:
·         Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
·         NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
·         NPK = Nilai Praktik Kejuruan, penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
·         Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, hasil, sikap kerja, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.
·         Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan rerata dari subkomponen penilaian
·         Dapat dinyatakan “mencapai kompetensi“, jika masing-masing skor komponen ≥ 75


Sendang Mulyasari, 17 Agustus 2019
Penilai,




PEDOMAN PENILAIAN UJIAN
Praktik KEJURUAN
                                                                             
Satuan Pendidikan         :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi  Keahlian    :  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Alokasi Waktu               :  30  Menit
Bentuk Soal                   :  Penugasan Perorangan
 


No.
Komponen/Subkomponen Penilaian
Kriteria
Skor
1
2
3
4
I.
Persiapan Kerja


1.1. Penggunaan pakaian kerja
     

Berpakaian sesuai ketentuan dengan rapih dan lengkap
9,0-10
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih tetapi lengkap atau rapih tetapi kurang lengkap
8,0-8,9
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih dan tidak lengkap
7,0-7,9
Berpakaian tidak sesuai ketentuan
Tidak
1.2. Persiapan tools and equipment
Alat/bahan dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan praktik
9,0-10
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap tetapi sesuai kebutuhan praktik
8,0-8,9
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap dan kurang sesuai kebutuhan praktik
7,0-7,9
Alat/bahan dipersiapkan tidak sesuai kebutuhan praktik
Tidak


II.
Proses (Sistematika & Cara Kerja
2.1 Overhoul Kepala Silinder

2.1.1        Melakukan prosedur pembongkaran Kepala silinder dan komponen-komponennya
Membongkar sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
9,0-10

Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali bimbingan
8,0-8,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali bimbingan
7,0-7,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali bimbingan
Tidak

2.1.2     Melakukan prosedur pemelihraan/pemeriksaan/pengukuran komponen Kepala Silinder
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
9,0-10

Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali bimbingan
8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali bimbingan
7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali bimbingan
Tidak
2.1.3     Melakukan prosedur perakitan Kepala silinder dan komponen-komponennya
Merakit sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
9,0-10
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 2 kali bimbingan
8,0-8,9
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan 3 -4 kali bimbingan
7,0-7,9
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan lebih 5 kali bimbingan
Tidak

III.
Hasil Kerja



3.1.  Engine Overhaul Kepala Silinder

Hasil pemeriksaan dan kesimpulan benar tanpa bimbingan
9,0-10
Hasil pemeriksaan benar dan kesimpulan sebagian besar benar tanpa bimbingan
8,0-8,9
Hasil pemeriksaan benar dan kesimpulan sebagian besar benar melalui bimbingan.
7,0-7,9
Hasil pemeriksaan dan kesimpulan salah.
Tidak
IV
Sikap Kerja



4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur
Menggunakan semua peralatan dengan benar tanpa bimbingan
9,0-10
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan sedikit bimbingan
8,0-8,9
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan banyak bimbingan
7,0-7,9
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan sangat banyak bimbingan
Tidak
4.2. Keselamatan kerja
Melaksanakan keselamatan kerja dengan benar
9,0-10
Melaksanakan keselamatan kerja dengan sedikit mengingatkan
8,0-8,9
Melaksanakan keselamatan kerja dengan banyak mengingatkan
7,0-7,9
Tidak melaksanakan atau mengindahkan keselamatan kerja
Tidak
4.3. Kebersihan, alat, area kerja dan kendaraan/ media.
Tidak ada kotoran pada semua peralatan , area kerja dan kendaraan/media
9,0-10
Ada sedikit kotoran pada peralatan, area kerja dan kendaraan/media.
8,0-8,9
Masih banyak kotoran pada peralatan, area kerja dan kendaraan/media.
7,0-7,9
Tidak melakukan kebersihan
Tidak
V.
Waktu

5.1.Waktu penyelesaian praktik
Menyelesaikan pekerjaan minimal 60 menit lebih cepat dan proses pekerjaan benar
9,0-10
Menyelesaikan pekerjaan sampai 60 menit lebih cepat dan proses pekerjaan benar
8,0-8,9
Menyelesaikan tepat sampai tambahan waktu 60 menit dan proses pekerjaan benar
7,0-7,9
Menyelesaikan tepat sampai lebih  tambahan waktu 60 menit dan proses pekerjaan salah
Tidak
     

Sendang Mulyasari, 17 Agustus 2019
Mengetahui,                                                                                       
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,
                                                           
 
   
DRS. KARTOWIYONO                                                     ARHAM AMIRUDDIN, S.Pd., Gr.
NIP.19651013 199103 1012                                                  NUPTK.  416076166213016































     
                                                                                     




Tidak ada komentar: