PERKEMBANGAN
KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu
aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang
mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng,
globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media
adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai
tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang
tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK
PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan
dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
6. Seorang peserta mampu mengendalikan diri
dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik
dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif
7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi
dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan
dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA
DIDIK
8. Peserta didik telah memiliki yang memiliki
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
a. penalaran pascakonvensional
b. penalaran konvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional
9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c. Pascakonvensional
d. Interkonvensional
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler,
melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya
memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
11. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat
siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan
yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
12. Seorang peserta didik mampu mendengarkan
informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti
apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan
belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
13. Perbedaan antara konseling dan wawancara
terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan
belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi
tertentu
14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan
untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari
faktor sosial adalah …
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
15. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik
mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang
akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja
yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada
seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku
sumber
16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk
bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman
daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang
kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran
kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual
SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan
dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of
exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan
keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori
belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19. Menurut teori ini, peranan guru dalam
pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran
mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami
perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang
pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat
belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena
kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau
online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan
atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada
di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses
dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran
terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana
proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus
dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap
satan pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada
peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap
satuan pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau
lebih. Dijabarkan dari....
A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan
pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran
dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian
dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar
peserta didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk
mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan
pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah
dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut
prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta
didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media dan alat bantu
mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali
satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia
untuk kegiatan
pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan aktifitas
pembelajaran sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta,
melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan
berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing
belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven,
portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan
pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
30. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi
kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian
proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber
belajar.
B. Pemberian tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan
masalah.
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif
dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis,
dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi,
evaluasi, dan, síntesis.
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis,
evaluasi, dan, mencipta.
33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan
antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi
secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk
menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang
harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti
pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru
tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat
siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan
yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber
untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa
yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan
memahami materi pelajaran yang diberikan,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada
seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku
sumber
39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika
seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha
menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah
dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
40. Prinsip sistematis
sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman,
tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan
tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan yang
konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran
CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
42. Dalam memilih dan mengembangkan materi
pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang
telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi
untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
43. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan
cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru
dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
44. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak
boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya,
apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media
termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang
guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan
digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki
seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya
siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari
media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
46. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang
guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di
lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan
media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang
dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis
TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
47. Di ruang media tersedia berbagai macam media
yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif,
sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan.
Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran
yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan,
tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan
dan karakteristik media
48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik adalah
media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua
kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan
agar tidak merepotkan
49. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang
memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran.
Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut
adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat konkrIt konsep yang
abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan
mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
50. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi
pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari
media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya
untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
51. Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
52. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka
situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet
tersebut adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
53. Seorang guru yang akan mencari informasi
tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal
dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
54. Saat kita akan informasi tentang suatu topik
atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah
mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin
pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
55. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan
contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana
keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru
tersebut adalah...
- Microsoft
Database
- Microsoft
PowerPoint
- Microsoft Desktop Publishing
- Microsoft Word
56. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang
yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang
ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang
dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
57. Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak
dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes
sumatif dan tes akhir pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
58. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa
unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan
termasuk unsur pembangun elektronik adalah…
A. Penulis konten (content
writer)
B. Penata grafis (design
grafis)
C. perancang pembelajaran (course
design)
D. pemrogram komputer (computer programmer).
59. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali
merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik,
mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan
serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan
bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
60. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar
menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan
kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk
mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu
merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
61. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso
tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
62. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam
alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut
merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
63. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu
menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi.
Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari
alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. Problem based learning
C. Discovery learning
D. Inquiry learning
64. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di
dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk
mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat
masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk
berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni
mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan
pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran
A. inquiry learning
B. problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
65. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah
kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa
“memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama
itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk
menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang
dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem solving learning
B. Problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
66. Berikut ini merupakan langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
67. Perhatikan langkah-langkah kegiatan
pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun
mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang
tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
68. Perhatikan langkah-langkah kegiatan
pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi siswa pada masalah
2) Mengorganisasi siswa dalam belajar
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase
dalam pembelajaran dengan model ....
A. discovery Learning
B. Project Based Learning
C. problem solving learning
D. problem based learning
SOAL PENILAIAN
69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan
dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake
siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi
dasar, dan intake siswa
70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan
diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam
pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen
dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran,
tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran
baru
C. Mengetahui jumlah siswa
yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat
untuk melaksanakan program tindak lanjut
73. Instrumen yang diguanakan untuk
menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
74. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar
yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada
seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku
sumber
75. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai
hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
76. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil
belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan
kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas
tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik
untuk semua aspek kompetensi
77. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan
yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan
kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai
dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester
78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan
kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai
oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan
menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan
bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran
dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil
atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan laporan ke atasannya
C. Menyusun rencana tindak lanjut
D. Menyusun laporan hasil pemantauan
83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan
test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test
ulang
85. Salah satu prinsip merancang program remidial
bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk
siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk
menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian
belajarnya
C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat
dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan pengajaran remidi
87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan
cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa
yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada
karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post
test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
SOAL PENDEKATAN PENILAIAN
89. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil
tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah
ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum
kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan
batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
A. penilaian acuan patokan
B. penilaian acuan norma
C. penilaian tuntas
D. penilaian berkelanjutan
90. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang
disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para
pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh
seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status
individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma
91. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK
merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria
ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal
yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan
pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
92. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta
didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
93. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai
seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial
dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
94. Fungsi penilaian yang tepat adalah …
A. alat meningkatkan prestasi peserta didik
B. alat untuk menemukan gaya belajar peserta
didik
C. membantu peserta didik memahami materi
pembelajaran
D. sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan
pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
95. Assesment hasil belajar peserta didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
96. Penilaian yang didasarkan pada data yang
mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian
yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
97. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan,
baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
98. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan
bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
99. Di bawah ini beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan kriteria berdasarkan
pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan program remedial dan
pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
100.Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
101. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran
tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan
yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan
pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut
remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
102. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
103. Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan
test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test
ulang
104.Salah satu prinsip
merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk
siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
penjelasan materi
SOAL PTK
105.Agar dapat
menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis
tindakan
D. menyusun proposal penelitian
106.Mengetahui proses
tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan
kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau
mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
107.Model rancangan
PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus
menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A. observasi --> refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan
tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi -->
pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi
108.Rumusan masalah
dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu
menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang
berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
109.Dalam Penelitian
tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang
diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
110.Di bawah ini
adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi
Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
111.Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
112.Peran guru dalam
PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
113.Berikut ini
kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
114.Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
115.Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
116.Latar belakang,
tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK
khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
117.Persiapan awal
dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran
dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
118.Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus
dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
119.Berikut ini
langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis
tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN
120.Kegiatan yang
harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini
tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan
dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta
pendidik.
121. Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran
bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses
dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil
belajar yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
122. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir
dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui
berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan
oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran
sampai akhir pembelajaran
123.Refleksi terhadap
pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk
perbaikan pembelajaran
124.Untuk mengetahui
keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik
mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan
peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang
dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang
dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam
mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang
dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk
mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita memberikan respon
negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
125. Pernyataan berikut yang tidak sesuai
dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah… ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
adalah… ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar