REM CAKRAM
A. Persiapan Alat dan Bahan
1. Alat
- Dongkrak
- Penyangga (jack stand)
- Kunci roda
- Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm
- Track untuk mendorong Piston Rem
2. Bahan
- Unit Kendaraan
- Kertas Amplas
B. Tujuan
1. Untuk memahami prosedur pembongkaran dan pemasangan rem
2. Memahami pemeriksaan sistem rem cakram dan bagian-bagian mana yang perlu diganti.
3. Servis sistem rem
C. Keselamatan Kerja
1. Menggunakan pakaian kerja
2. Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya
3. Tidak bekerja di bawah mobil yang diangkat tanpa penyangga yang baik.
4. Tidak membersihkan rem dengan angin, debu asbes dari kanvas beracun.
5. Lakukan sesuai prosedur
6. Gunakan kunci 12 untuk buka pen caliper bagian bawah
Gambar Rem Cakram
7. Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, dan diikat dengan tali supaya tidak jatuh, seperti gambar di bawah ini
Gambar Pembersihan Piringan Cakram
8. Lepas kanpas rem dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping
9. Memeriksa komponen-komponen rem cakram
10. Perakitan kembali komponen Sistem rem cakram
11. Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper.
12. Pasang kembali roda dan baut pengunci roda
13. Dongkrak kembali kendaraan untuk melepas jackstand
14. Kencangkan baut pengunci roda (sampai bunyi “KREEK”)
http://mcre-ative.blogspot.com/2014/10/prosedur-pembongkaran-rem-cakram-mobil.html
REM TROMOL
Rem berfungsi sebagai penghenti atau pengurang kecepatan suatu kendaraan.PENGERTIAN DASAR
Semua benda yang bergerak mempunyai energi dan energi tidak dapat dihilangkan.untuk menghilangkan energi tersebut diubah menjadi bentuk lain.
Fungsi utama system rem adalah memperlambat / menghentikan gerak kendaraan dengan merubah energi yang terkandung dari kendaraan,dari gerak kinetic ke gerak panas.Dalam prosesnya diperlukan gaya gesek.semua system rem tergantung gaya gesek untuk mengendalikan,menghentikan,atau mencegah timbulnya gaya gerakan.
PENGGUNAAN REM
Menurut penggunaannya rem digolongkan ke dalam:
1. Rem tangan berfungsi sebagai nehcegah kendaraan bergerak.Rem tangan digunukan pada saat kendaraan diam.Rem tangan disebut juga rem parkir (parking brake).
2. Rem kerja berfungsi untuk mengendalikan gerakan kendaraan.Yang dimaksud dengan mengendalikan ialah memperlamba,menghentikan gerak kendaraan
Jenis – jenis Rem
jenis rem ada 4 yaitu rem mekanik,hidrolik,pneumatic dan hidrolik pneumatic.
Prinsip kerja rem hidrolik
Pada sistemrem hidrolik gaya dari pedal rem diteruskan oleh fluida sampai kesilinder
roda.fluida mendorong piston silinder roda piston.meneruskan tekanan fluida ke sepatu rem hingga terjadi gesekan antara sepatu rem dan tromol rem.
REM TROMOL
Dewasa inijenis rem yang paling banyak digunakan ada dua,yaiuturem tromol dan rem cakram.
Adapun cara kerja rem tromol sebagai berikut :
Pada saat rem diinjak / ditekan maka tuas mendorong piston master silinder.Piston master silinder menekan fluida,tekanan akan diteruskan merata keseluruh silinder roda.Piston silinder roda mendapat dorongan / tekanan dari fluida dan piston meneruskan gaya ani menekan sepatu rem,dan sepatu rem menekan dinding dalam tromol sehingga terjadi pengereman atau gesekan.Pada saat pedal rem dan pegas sepatu rem akan menarik sepatu rem.Tekanan ini berdampak tekanan pada piston silinder roda dan tekanan ini akan mendorong fluida kembali ke master silinder.
Pemeriksaan rem tromol
Untuk melakukan kerja yang baik pada saat melakukan pengereman,system rem melakukan pemeriksaan atau perwatan secara teratur.dibawah ini akan dijelaskan langkah – lankah pemeriksaannya.
langkah pemeriksaan pada rem tromol.
1. lepas roda dan tromol rem
2. periksa kebocoran minyak rem pada silinder roda.
Bukalah kedua karet pelindung pada siinder roda perhatikan apabila terdapat kebocoran
minyak rem,bongkarlah silinder roda,periksalahsilinder roda dari karat dan kerusakan
lainnya.
3. periksalah ketebalan pelapis sepatu rem.
Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari batas minimum atau terlihatnya tanda-tanda
keausan yang tidak merata,gantilah sepatu rem bila perlu
4. periksa backing plat terhadap keausan atau kerusakan.
5. Oleskan gemuk pada bagian backing plat yang bersinggungan dengan sepatu rem.
6. Periksa mekanisme penyetelan otomatis.
7. Periksa celah antara sepatu rem dan tromol rem.
8. Ukuran diameter dalam tromol sepatu rem. Periksa bahwa selisih adalah sama dengan satu.
9. Bersihkan sepatu rem dengan kertas amplas.
10. Bersihkan bagian tromol.
11. Tiupkanlah udara bertekanan tinggi dari kompresor pada rem tromol untuk membersihkan
bagian rem dari kotoran atau debu.
12. Pasang tromol rem dan roda belakang.
13. Isi tanki cadangan minyak rem dan lakkukan pembuangan udara system rem.
14. Periksa kebocoran minyak rem.
http://yazri46.blogspot.com/2010/04/rem-rem-berfungsi-sebagai-penghenti.html
2 komentar:
Materinya bagus pak
Kelas:XII
NAMA:ARYA DWI PUTRA
Bagus materinya pak guru
M ichsan maulana
XII tkr b
Posting Komentar